Tips Sehat Mendapat Berat Badan Ideal Tanpa Diet

Ukuran Tubuh Vs Lemak Tubuh, Mana yang Lebih Berbahaya?

Memiliki tubuh sehat dan berat badan ideal menjadi dambaan banyak orang. Berbagai usaha mendaatkan tubuh ideal ditempuh seperti bagi yang kelebihan berat badan dengan mencoba aneka macam diet. Sedangkan yang kekurangan bobot berat badan dengan mengosumsi suplemen tertentu.

Namun perlu diingat, agar memperhatikan kondisi tubuh karena setiap orang mempunyai hitungan berat badan ideal yang berbeda. Jangan sampai keinginan diet Anda menjadi menjadikan tubuh sakit dan akhirnya masuk rumah sakit. Karena itu coba hitung berat badan ideal Anda dengan menggunakan kalkulator Body Mass Index (BMI).

Menghitung berat badan ideal dengan BMI yakni dengan mengkalkulasikan tinggi badan dengan berat badan. Rumusnya, [Berat tubuh ideal = Berat badan (kg) : tinggi badan (m)] Hasilnya dapat terlihat apakah berat badan termasuk ideal, terlalu gemuk atau terlalu kurus. Berat badan ideal akan menghasilkan angka antar 18,5 hingga 25.

Tips Mendapat Berat Badan Ideal

Jika tubuh Anda terlalu gemuk, untuk mendapatkan berat badan normal tidak selalu dilakukan dengan cara diet ketat. Berikut tips mendapat tubuh ideal tanpa harus diet ketat dalam waktu singkat:

  • Mengatur Pola Makan Kamu

Mendapat tubuh ideal tidak harus denga diet yang menyiksa, cukup dengan mengatur pola makan menjadi lebih sehat. Kurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji dan beralih ke makanan seimbang. Jika memiliki kebiasaan makan malam, coba hentikan begitu pula dengan kebiasaan minum soda serta kurangi konsumsi gula.

Hal penting dalam upaya mengatur pola makan adalah jangan meninggalkan sarapan sehat. Sarapan sehat dengan menu ringan penting untuk memastikan tubuh dapat melakukan kegiatan harian dengan baik. Sarapan sehat yang disarankan adalah roti selai, sandwich atau sereal, jangan lupa tambahkan susu.

  • Perbanyak Konsumsi Air

Mungkin Anda pernah mendengar, tubuh terdiri dari 70% air. Karenanya asupan air sangat dibutuhkan untuk mendapatkan tubuh yang ideal. Air berfungsi mengantar oksigen ke seluruh serta melancarkan pencernaan yang berengaruh pada tubuh. Konsumsi air bukan berarti bisa banyak minum es dan aneka minuman manis. Air yang dibutuhkan adalah air putih dengan ph seimbang.

  • Olahraga

Jika sebelumnya, Anda tidak pernah berolahraga, maka sekarang saatnya memulai kebiasaan baik. Anda bisa berolahraga lari atau jogging keliling komplek atau keliling rumah juga tidak masalah. Bisa pula melakukan olahraga yang sedang hits yakni bersepeda atau senam.

Intinya apapun itu, Anda harus menyempatkan untuk berolahraga demi mendapat tubuh ideal. Percuma saja diet ketat jika tidak suka olahraga.

  • Mencoba Gerakan Ringan

Jika Anda tidak suka berolahraga yang menyita waktu, cobalah melakukan gerakan-gerakan ringan. Gerakan ringan yang bisa dilakukan seperti squat selama 30 menit di pagi hari dan 30 menit di sore atau malam hari. Jika dilakukan dengan konsisten berat badan dan bentuk tubuh ideal bisa Anda dapatkan.

Gerakan lain yang bisa dicoba adalah Plank yakni gerakan seperti akan push up namun dalam posisi diam menahan. Posisi ini membuat beban tubuh bertumpu pada tangan, kaki dan otot perut. Bagi pemula dapat melakukan gerakan selama 2 menit saja sudah cukup, namun semakin lama bisa menambah waktu serta mencoba gerakan lebih sulit.

Demikian tips mencapai tubuh sehat dengan berat ideal. Konsistensi adalah kunci untuk memperoleh hasil yang memuaskan. Namun perlu diperhatikan agar melakukannya secara berkala dan tidak memaksakan diri.