Tips Memilih Ukuran Popok Mamypoko untuk Bayi yang Tepat

main image

Popok merupakan salah satu kebutuhan yang sangat utama untuk ibu yang baru saja memiliki anak. Memilih popok Mamypoko yang tepat tidak hanya melihat dari desain dan bahan yang berkualitas saja, memilih ukuran yang tepat juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Terlebih lagi jika bayi Anda sudah mulai aktif. Memilih ukuran popok yang pas akan membuat anak Anda merasa nyaman dan senang beraktifitas sepanjang hari.

Pentingnya Memilih Ukuran Popok yang Pas untuk Bayi

Memilih popok dengan ukuran yang sesuai tidak boleh disepelekan loh Bunda. Terutama saat di tahun pertama, memilih ukuran popok yang cocok untuk bayi adalah hal yang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Memilih ukuran popok bayi tidaklah sama seperti saat Anda membelikan baju untuk buah hati Anda. Jika saat membeli baju, Anda akan memperhatikan usia buah hati Anda, namun saat memilih popok, bobot bayi atau berat badan bayi menjadi hal yang perlu diperhatikan. 

Popok yang pas akan membuat si kecil merasa nyaman. Namun, jika Anda memilih popok yang terlalu sempit akan membuat bayi tidak nyaman untuk bergerak. Tak hanya itu saja, mengenakan popok yang terlalu sempit juga akan membuat bayi mengalami iritasi. Begitu juga saat Bunda memilih popok yang salah yaitu terlalu longgar. Dengan adanya celah pada bagian pinggang akan menyebabkan kotoran bayi mudah keluar. Hal ini bisa membuat si bayi merasa risih dan merepotkan pekerjaan Bunda karena harus mencuci lebih banyak. Lantas, bagaimana caranya untuk mengetahui ukuran popok yang tepat untuk si kecil? Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini saat memilih popok Mamypoko untuk si kecil.

  • Ukuran Pinggang

Hal pertama untuk mengetahui apakah popok yang dikenakan ukurannya sesuai atau tidak bisa memperhatikan melalui pinggang si bayi. Jika bagian pinggang si bayi merasa terhimpit, Anda bisa mengganti popoknya menjadi ukuran yang lebih besar. Cara mengetahui bagian pinggang pas atau tidak juga bisa dengan menggunakan jari Bunda. Masukkan jari Bunda kedalam popok pada bagian pinggang dan geser jari Anda. Jika merasa jari Anda terhimpit, maka artinya ukuran popok tersebut lebih kecil dan harus diganti dengan popok ukuran lainnya.

  • Cakupan Pada Pantat Bayi

Anda bisa melihat apakah popok Mamypoko yang Anda pakaikan ke si kecil pas dan nyaman bisa dilihat dari cakupan pantat bayi. Popok dengan ukuran yang tepat yaitu dengan melihat bagian pantat si bayi tercover dengan baik. Sedangkan jika Anda melihat bagian pantat si bayi tidak tertutup dengan benar, maka Anda bisa menggantinya dengan ukuran popok yang lebih besar.

  • Popok Celana atau Popok Rekat

Selain memilih ukuran popok berdasarkan ukuran pinggang dan dengan memperhatikan cakupan pada pantat si kecil, Bunda juga bisa mempertimbangkan memilih popok celana atau popok rekat yang cocok untuk si kecil. Jika si kecil baru lahir dan intensitas pipis masih cukup sering, Bunda bisa memilih tipe popok Mamypoko yang rekat. Model rekat biasanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, popok rekat juga bisa disesuaikan dengan mudah. Sedangkan saat si kecil sudah mulai aktif dan mulai bisa merangkak atau mengangkat pantatnya, popok dengan model celana bisa menjadi salah satu model yang pas. Dengan mnggunakan popok Mamypoko pants, si kecil bisa beraktifitas dengan nyaman tanpa harus merasa risih dengan popoknya.