Menonton Nyaman Bersama Keluarga, dengan 7 Trik Menata Meja TV Ini

HEMNES meja TV, hitam-cokelat/cokelat muda, 148x47x57 cm | IKEA Indonesia

Posisi meja TV terkadang menjadi subjek yang sensitif. Jika TV diletakkan agak jauh dari tempat duduk, kita tidak akan melihat gambar yang dihasilkan di layar TV dengan jelas, tetapi jika TV diletakkan sangat dekat dengan area tempat duduk, cahaya yang dihasilkan TV akan membahayakan mata.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk menempatkan meja TV dengan nyaman dan sesuai dengan arah pandang saat menonton TV. Berikut tips menata meja TV agar terlihat lebih representatif dan stylish.

  • Sesuaikan dengan Ukuran TV

Bagaimana rasanya memiliki ruang TV besar tetapi hanya memiliki TV kecil, atau sebaliknya? Tidak hanya membuat ruangan menjadi kurang proporsional, namun juga mempengaruhi tingkat kenyamanan beraktivitas di ruang TV.

  • Membandingkan Jarak Pandang vs Jarak TV

Faktor yang perlu diperhatikan dalam desain ruang TV selanjutnya adalah jarak pandang, yang juga dikenal sebagai jarak ke TV dan juga ke tempat duduk sofa. Tentu saja jarak yang terlalu jauh tidak nyaman, sedangkan jarak yang terlalu dekat akan cepat membuat mata lelah.

Jarak ke TV pada desain ruang TV ini dapat diukur dari ukuran TV yang Anda gunakan.

  • Tentukan Ketinggian TV

Selain jarak pandang, ketinggian TV yang salah juga akan membuat penataan ruang TV menjadi canggung. Pada umumnya ketinggian untuk meletakkan TV di ruang TV sekitar 100-110cm dari lantai, namun hal ini juga harus disesuaikan dengan tinggi anggota keluarga, tinggi sofa yang digunakan dan lebar TV yang digunakan.

  • Sesuaikan dengan Ukuran Ruangan

Perhatikan bahwa lebar denah ruang TV dan denah sofa juga mempengaruhi lebar ruangan dan panjang denah sofa masing-masing. TV yang terlalu kecil akan membuat orang yang duduk di ujung sofa kurang nyaman menonton TV.

Oleh karena itu, sesuaikan ukuran TV dengan tata letak sofa Anda agar semua orang dapat menikmati tata ruang TV yang nyaman.

  • Perhatikan Instalasi Elektrikal

Selanjutnya adalah instalasi listrik dalam desain ruang TV. Apalagi jika ruang TV Anda dilengkapi dengan berbagai perangkat seperti sistem home theater, sistem audio atau perangkat game elektronik.

  • Amati Arah Pencahayaan

Sumber cahaya dalam desain ruang TV dapat berasal dari dua sumber, yaitu cahaya alami dari bukaan seperti jendela atau pintu dan cahaya buatan dari lampu. Dengan pencahayaan alami, perhatikan sumber cahaya yang memancar dari posisi TV. Tata letak ruang TV berasal dari sisi kanan atau kiri TV. Jika Anda memposisikan TV dengan membelakangi sumber cahaya, gambar TV tidak akan tampak terlalu terang karena membelakangi cahaya.Sedangkan sumber cahaya yang datang langsung dari depan TV membuat layar TV menjadi cerah.

  • Ruangan Menggunakan Material Peredam Suara

Penggunaan bahan pelengkap dan dekorasi yang dapat mematikan suara. Bahan dan dekorasi tambahan yang dapat menumpulkan nada desain ruangan. Berbeda dengan ruangan lainnya, desain ruangan TV memiliki fungsi audio yang tentunya membutuhkan perlakuan desain yang berbeda, agar suara yang dihasilkan saat menonton TV lebih jernih dan enak didengar.

Sebagai penutup lantai, Anda bisa menggunakan lantai kayu, vinyl atau parket dalam desain ruang TV. Jika Anda sudah menyiapkan ruang TV dengan lantai keramik atau bahan keras dan padat lainnya, tambahkan karpet lembut untuk meredam suara.