Inilah Beberapa Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Salah satu jenis buah-buahan pavorit yang banyak disukai adalah alpukat. Dengan tekstur dagingnya yang legit buah alpukat ini sering dijadikan jus atau sebagai pelengkap pada es campur. Selain enak alpukat juga banyak manfaatnya. Maka dari itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang manfaat alpukat untuk kesehatan sebagai berikut :

  1. Sebagai anti Inflammatory (sifat inflamasi)

Senyama phytonutrient yang di temukan di dalam aplukat, seperti polyphenols dan flavonoids. Telah ditemukan memiliki sifat anti inflamasi, yang bermanfaat untuk megurangi risiko gangguan inflamasi dan degenerative.

  1. Mengurangi Resiko Stroke

Dengan memiliki kandungan folat yang cukup tinggi, alpukat ini  juga dapat melindungi resiko stroke. Bahkan ada sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang makan diet kaya folat, memiliki resiko paling rendah untuk terkena stroke dibandingkan mereka yang tidak.

  1. Melindungi Dari Kanker

Menurut banyak penelitian menunjukkan bahwa buah alpukat ini bisa menghambat pertumbuhan “kanker prostat”, Selain itu kandungan asan oleat pada alpukat ini sangat efektif untuk mencegah terjadinya kanker payudara.

  1. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Alpukat mempunyai manfaat yang bisa menjaga kesehatan jantung loh, di dalam alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat yang dapat membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat homocysteine yang tinggi, dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Selain itu juga, alpukat mengandung vitami E, Glutathione dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat untuk membantu dalam manjaga kesehatan jantung.

  1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah alpukat merupakan sumber yang sangat baik dari carotenoid, yang dikenal dapat membantu untuk melindungi terhadap usia terkait macular degeneration dan katarak.

  1. Mengatur Kadar Gula Darah

Lemak baik tak jenuh tunggal di dalam alpukat, dapat bermanfaat membalikkan resistensi insulin yang membnatu untuk mengatur kadar gula darah. Selain itu, alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut yang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  1. Bermanfaat untuk Menurunkan kolestrol

Alpukat sendiri kaya akan senyawa yang disebut dengan beta sitisterol, yang telah terbukti sangat efektif dalam menurunkan kadar kolestrol darah. 

  1. Mengendalikan Tekana Darah

Manfaat lainnya dari alpukat untuk kesehatan, adalah dapat mengendalikan tekanan darah. Di dalam alpukat sendiri, memiliki sumber kalium yang dapat membantu dalam mengontrol tekanan darah.