5 Tips Dekorasi Rumah Kecil Agar Terlihat Luas

Harga rumah yang semakin tinggi berpengaruh terhadap ukuran rumah. Makin murah rumah yang dibeli, makin kecil juga ukuran yang didapatkan. Apalagi jika lokasinya strategis, dekat dengan pasar, terminal, stasiun atau pusat bisnis.

Jangan berkecil hati jika ada yang bilang rumahnya seperti kandang burung. Pasalnya, rumah kecil bisa didekorasi agar terlihat luas. Nah, mumpung ada banyak pinjaman online cepat cair cukup ktp yang baik banget ngasih diskon untuk setiap belanja dengan cicilan, kenapa tidak dimanfaatkan saja untuk mendekor rumah mungil kamu agar tampak lebih luas.

Yuk, simak sampai akhir artikel ya. Beberapa tips ini bisa dicoba buat menghias dan mendekorasi rumah mungil minimalis agar bisa tampak luas. 

1. Ciptakan pencahayaan alami

Tips pertama dan yang paling penting adalah ciptakan pencahayaan alami ke dalam setiap ruangan. Jangan biarkan cahaya matahari disia-siakan. Manfaatkan untuk menyinari seluruh ruangan di kala siang. Agar tagihan listrik juga bisa berkurang.

Selain baik untuk kesehatan, cahaya alami juga akan membantu ruangan menjadi tampak lebih luas. Nah, manfaatkan dengan ukuran jendela yang lebar dan panjang agar cahaya matahari bisa ditangkap dengan baik ke dalam seluruh area permukaan rumah. 

Jangan takut panas, jika ingin mengurangi paparan cahayanya, bisa menggunakan tirai atau penyekat alami seperti menempatkan beberapa pohon di luar rumah atau teras rumah. Cukup mudah kan?

2. Sesuaikan ukuran furniture dengan kapasitas ruangan

Sebagus apapun furniture yang dibeli, tetap harus disesuaikan dengan kapasitas ruangan. Jangan sampai salah membeli furniture dengan ukuran yang justru akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih sempit.

Agar tidak membeli furniture yang terlalu besar. Ukur dulu luas ruangan, kemudian buatlah daftar barang-barang yang akan mengisi ruangan tersebut disertai dengan tata letak dan ukurannya. Dengan begitu, kamu bisa membayangkan posisi furniture di dalam ruangan minimalis agar tetap terlihat manis.

3. Jadikan ruangan multiguna

Rumah kecil bisa disiasati dengan menjadikan ruangan multiguna. Misalnya ruangan tamu bisa sekaligus dijadikan ruang keluarga dan ruang belajar atau bekerja. 

Agar lebih nyaman, memang perlu ditempatkan beberapa dekorasi pendukung supaya bisa ditempati oleh siapapun sesuai fungsinya. 

4. Cari furniture yang multi fungsi

Nah, ini yang akan melengkapi ruangan multiguna dengan memberikan furniture multiguna. Beberapa furniture multiguna contohnya seperti sofa ruang tamu yang bisa dilipat kemudian bisa dijadikan tempat tidur.

Contoh lain misalnya meja ruang tamu bisa dijadikan sebagai tempat menyimpan barang atau menyimpan kursi. Sehingga jika tidak digunakan, kursi-kursi bisa disimpan di dalamnya. Dengan begitu ruangan akan kembali lebih luas karena barang-barangnya dimasukkan ke dalam meja serbaguna. 

Nah, soal furniture serbaguna ini bisa kamu dapatkan idenya lewat internet atau langsung mencarinya di beberapa toko furniture. Misalnya, bisa mencarinya lewat IKEA. Mumpung ada diskon 5% sampai dengan Rp100.000 dari Kredivo setiap pembelanjaan minimal Rp500 ribu menggunakan metode cicilan.

Bunga cicilannya juga sangat terjangkau hanya 2,6% saja dengan pilihan tenor 3, 6, sampai dengan 12 bulan. Apalagi syaratnya sangat mudah. Pendaftarannya pun bisa dilakukan sepenuhnya secara online dengan proses kurang dari 24 jam saja. 

5. Gunakan cermin agar kesan sempit hilang

Mencontoh beberapa gaya interior resto atau barber shop. Kamu bisa menambahkan cermin di beberapa sudut ruangan atau di dinding sebagai salah satu cara agar memberikan kesan lapang di ruangan yang kecil 

Nah, ternyata dekorasi rumah kecil agar terlihat lebih luas itu mudah ya. Ada cukup banyak ide yang bisa diaplikasikan pun dengan berbagai pilihan dekorasi yang sesuai dengan kebutuhannya.