5 Keuntungan Pakai Kredit Online untuk Kebutuhan Lebaran

Berita Terkini momsmoney.id Terkait Promo kredivo paylater

Kebanyakan orang mungkin menganggap kredit online identik dengan konsumtif atau pemborosan. Apalagi jika dipakai untuk memenuhi kebutuhan di Ramadan jelang Lebaran. Padahal, kini, berbagai kredit online punya sejumlah fasilitas yang bisa memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai transaksi. Otomatis, manfaatnya lebih banyak dan bukan sebatas hanya untuk cicilan. 

Kredivo misalnya. Sebagai pionir kredit online di Indonesia yang sudah berdiri sejak 2015, layanan yang diberikan Kredivo cukup inovatif karena mencakup paylater 30 hari tanpa bunga, cicilan 0%, atau cicilan bunga rendah dengan tenor maksimal sampai dengan 12 bulan. Kalau dulu, ambil cicilan perlu punya kartu kredit, nah dengan adanya Kredivo hal tersebut kini nggak perlu lagi. 

Nggak hanya terkait hal-hal konsumtif, ada 5 keuntungan utama yang perlu kamu tahu jika menggunakan kredit online, terutama untuk kebutuhan Lebaran nanti, yaitu: 

Cashflow lancar & THR bisa ditabung

Salah satu keuntungan dari menggunakan layanan kredit adalah kita bisa mengatur dan menjaga cashflow setiap bulan agar lancar. Terlebih jika kita punya kebutuhan membeli sebuah barang dalam jumlah besar, ganti HP atau laptop baru misalnya. Alih-alih membayar sekaligus tunai, dengan adanya cicilan, kamu bisa mengatur kembali keuangan dengan mengalokasikan uang per bulan untuk cicilannya. 

Tapi, tentu dengan catatan, cicilan yang diambil tidak lebih dari 30% total penghasilan. Dengan begitu, uang THR bisa lebih banyak dialokasikan untuk ditabung. Sementara itu, untuk membayar cicilan hingga lunas, setiap bulannya kamu bisa mengandalkan gaji atau penghasilan utama. 

Bisa dimanfaatkan untuk cicilan 0%

Ya, bukan cuma kartu kredit yang sekarang bisa memberikan fasilitas cicilan 0%. Kredit online seperti Kredivo juga punya layanan yang menarik satu ini. Di mana Kredivo bisa memberikan limit maksimal sampai dengan Rp 30 juta dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah cicilan 0%. 

Pengguna Kredivo yang bisa menggunakan cicilan 0% adalah pengguna yang status akunnya Premium. Cicilan 0% sendiri berlaku untuk minimal transaksi sebesar Rp 500 ribu di merchant rekanan Kredivo, plus berlaku untuk tenor maksimal 3 bulan. Ada juga biaya administrasi yang menyertai cicilan ini sebesar 1% per bulan dan akan diakumulasikan ke dalam cicilan. 

Untuk kamu yang punya banyak kebutuhan saat Lebaran, misalnya untuk beli tiket pesawat mudik, cicilan 0% dari Kredivo bisa menjadi alternatif terbaik. Sebab, bukan hanya bisa digunakan di e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Lazada, dll, Kredivo juga bisa dipakai di Citilink, Garuda Indonesia, Tiket.com, dan pegipegi.com. Menarik, kan?

Berlaku untuk belanja kebutuhan primer hingga fashion

Selain akomodasi untuk mudik, kredit online juga masih luas lho untuk kategori transaksinya. Bahkan, kamu juga bisa belanja kebutuhan primer seperti sembako atau produk fashion jelang hari Raya. Ini bisa terjadi jika kamu memilih layanan kredit online yang tepat seperti halnya Kredivo. 


Sebab, Kredivo punya 1000+ merchant dari berbagai kategori yang bisa sangat membantu dalam transaksi sehari-hari. Contohnya ada MAP outlet seperti ZARA, Pull&Bear, atau Mango. 

Kamu juga bisa belanja sembako, aneka kue, produk kebersihan, dan yang lainnya di berbagai e-commerce rekanan Kredivo sampai Alfamart yang merupakan outlet offline. 

Bisa menjadi rem untuk belanja secara impulsif

Di tangan orang yang bijak dan sadar kemampuan keuangan, menggunakan kredit online sama dengan artinya menjadi rem untuk mengeluarkan uang. Dalam hal ini, karena ada cicilan yang harus dibayar di bulan depan, kita jadi berpikir dua kali untuk belanja lebih secara impulsif hingga cicilan yang diambil lunas. 

Dapat membentuk skor kredit

Buat kamu yang belum pernah mengambil kredit atau belum pernah punya skor kredit, kredit online juga bisa menjadi jalan terbaik untuk langkah awal membentuk skor kreditmu. 

Daftarnya mudah, hanya lewat smartphone, prosesnya juga cepat. Seperti Kredivo yang memberikan waktu 1×24 jam untuk proses approval. Kamu juga akan menerima informasi approval dengan cepat melalui notifikasi di aplikasi Kredivo atau email. 

Namun, skor kredit akan terbentuk sesuai dengan habit kita dalam melakukan transaksi. Makin bagus habit, misalnya rajin bertransaksi dan bayar tepat waktu, maka akan makin positif skor kreditnya. Sebaliknya, makin sering kita membayar terlambat, akan makin turun atau negatif juga skor kredit kita.