3 Tempat Wisata Di Laos Yang Unik dan Menarik

Laos merupakan sebuah negara yang sangat kental dengan peninggalan warisan budayanya yang berupa candi yang jumlahnya mencapai ratusan. Sehingga tidak aneh kalau candi-candi ini banyak yang dijadikan tempat wisata, dan banyak sekali wisatawan yang mengunjunginya, baik wisatawan lokal maupun asing. Berikut 3 tempat wisata Laos yang unik dan menarik :

  1. Bolaven Plateau

Bolaven Plateau ini merupakan sebuah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1000-1350 meter di atas permukaan air laut. Tempat wisata ini berlokasi diantara Pegunungan Annamite yang ada di perbatasan negara Laos dengan Vietnam. Di tempat ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu berupa sungai-sungai yang melintasi tempat ini dan juga air terjun yang sangat banyak. Nama Bolaven sendiri, asalnya dari kata Laven yang merupakan kelompok etnis yang mendominasi di wilayah tersebut. Dan air terjun yang terkenal di tempat ini adalah Air Terjun Tad Lo, yang memiliki beraneka taman di sekelilingnya. Bukan hanya itu, di Bolaven juga terdapat air terjun tertinggi di Laos yaitu Air Terjun Taat Fang / Dong Hua Sao yang memiliki ketinggian sekitar 120 meter. Kerenkan?

  1. Wat Xieng Thong

Tempat wisata ini merupakan sebuah candi yang letaknya berada di ujung utara Semenanjung Luang Prabang. Candi yang dibangun pada tahun 1559 ini merupakan sebuah monumen simbol semangat keagamaan dan seni tradisional. Candi ini dibangun oleh Raja Setthatirath dan tepatnya ada di pertemuan antara Sungai Mekong dengan Sungai Nam Khan. Bangunan ini sangat eksotis, dimana terdapat pintu kayu berukir yang dilapisi emas. 

  1. Phow Si

Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuan bukit dengan ketinggian sampai dengan 100 meter, dan letaknya berada di kota Tua Luang Prabang. Bukit ini juga disebut sebagai rumah agama oleh warga sekitar dan diapit oleh 2 sungai, yakni Sungai Mekong dan Sungai Nam Khan. Di tempat wisata ini, anda akan menemukan beberapa candi Budha, dan jika anda naik ke atas bukitnya, baru setengah perjalanan, di bawah sana (menghadap arah sungai Nam Khan) akan terlihat Wat Tham Phou Si.