Harla S1 PIN Sajikan Debat Calon Legislatif Provinsi

SAMARINDA – Memasuki di usianya ke 14 Program Studi (Prodi) S1 Pemerintahan Integratif (PIN) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Mulawarman (Unmul) Mengelar berbagai macam lomba.

Sesuai umurnya, Civitas akademik bersama panitia menyajikan event bertajuk Gemilang 14. gemilang 14 ini merupakan rangkaian 14 event yang sifatnya ilmiah dan non ilmiah.

Agenda yang disiapkan diantaranya, Karya tulis ilmiah, Orasi ilmiah kemudian Kuliah umum, lomba cerdas cermat 4 pilar. Dementara Yang non ilmiah ada karate, futsal Pin cup, lomba voly, pekan keagamaan, ada juga lomba baris berbaris tingkat SMA, lomba poster hingga fotografi.

Sebagian Evenya sudah berjalan, sebagian diantaranya dalam persiapan. Pun Gemilang 14 ini sudah berlangsung sejak 4 September dan direncanakan berakhir pada 16 September mendatang.

Tidak mau ketinggalan, Memasuki tahun politik 2019. Prodi yang juga dengan basis ke ilmuan politik ini menyajikan satu event Debat Calon Legislatif (Caleg).

Budiman ketua Prodi Pin menuturkan, debat Caleg di prioritaskan untuk caleg tingkat provinsi, dengan tujuan untuk memberikan pendidikan politik ke masyarkat dan mahasiswa.

“Debat Caleg ini kita kerucutkan hanya tingkat provinsi, setidaknya lewat forum itu masyarakat dan mahasiswa bisa menilai,” ucapnya saat ditemui disela berlangsungnya lomba orasi ilmiah, dilapangan S1 Pin pada, Jumat sore (06/09).

Dirinya menjelaskan, debat Caleg ini akan berlangsung pada (06/11) mendatang. Juga direncanakan mengundang perwakilan tiap partai, namun hingga kini baru satu partai yang menyatakan kehadirannya.

Disebutnya ini merupakan sedikit kontribusi mahasiswa Pin dengan harapan masyarakat saat memilih nanti berdasarkan program bukan pada figur.

“Selama ini kan cenderung baliho dan tatap muka, maka kali ini kami ingin masyarakat bisa melihat programnya saat debat nanti,” sebutnya

Kita targetkan, lanjut Budiman” yang akan kita hadirkan dari tiap partai peserta pemilu, minimal satu partai satu Caleg dan panelisnya nanti akan kita hadirkan dari berbagai unsur,”

Ia juga berharap Dengan kegiatan seperti ini biaa menjadikan S1 PIN sebagai sprit buat prodi lainnya, dengan terus meningkatkan aktifitas ilmiah mahasiswa.

Diketahui Rencana debat Caleg ini bermula dari perang komentar via media soal, didalamnya terdapat akademisi hingga anggota DPR. Lantas tercetus ide untuk agenda debat Caleg. (Fran)

Facebook Comments