Cegah Hoax, Jurnalis Kaltim Deklarasi

Traffic Exchange

SAMARINDA – Tanggap mencegah isu hoax di masyarakat, jurnalis Kalimantan Timur turut serta bersama Polresta Samarinda dan Kodim 0901/Samarinda gelar deklarasi anti hoax . Taman Samarendah menjadi lokasi pilihan gelar deklarasi (17/03/18) Sabtu siang.

Upaya antisipasi ini penting di lakukan mengingat, Kalimantan Timur sedang menjalani proses pemilihan kepala daerah serentak 2018. Potensi ini di sadari oleh Amir Hamzah, ketua IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia). “Rekan-rekan Jurnalis sadar potensi beredar nya isu hoax ini besar di ajang Pilgub Kaltim, pertarungan politik ini bisa menjadi pintu masuk nya isu hoax,” Ujar Amir.

 IMG-20180317-WA0022

Pencegahan dan terus melakukan kampaye, di sertai galang dukungan seperti deklarasi anti hoax sekarang ini, proses antisipasi yang baik menurut Amir Hamzah.

Selain ikut melakukan deklarasi, kepolisian Kalimantan Timur juga telah menyiapkan unit penguat Cyber. Dengan kepentingan menjangkau titik-titik rawan serangan hoax. “Kami juga telah menyiapkan tim penguat Cyber, yaitu patroli Cyber truck,” Sebut Kombes Pol Vendra Riviyanto.

Sejauh ini pantauan Polresta Samarinda, belum ada isu maupun berita hoax yang berkembang di Samarinda, melainkan yang tercatat sebagai laporan hanya ujaran kebencian pribadi ke pribadi.

“Ada laporan yang masuk, tapi bukan soal hoax, Cuma ujaran kebencian yang menyerang personal, jadi di sangkakan UU ITE,” pungkas Kapolresta Samarinda. (Arm)

Facebook Comments