Intip Persiapan Upacara Kemerdekaan, Panitia Sebut Persiapan Sudah 90 Persen

BONTANG – Pemerintah Kota lewat Panitia Pelaksana (Panpel) terus mempersiapkan seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 tahun 2017 di Kota Taman.

Hattamudin Wakil Sekertaris Panitia Pelaksana mengklaim sampai minggu kedua di bulan agustus seluruh persiapan rangkaian kegiatan peringatan HUT RI sudah mencapai 90 persen.

“Secara keseluruhan persiapan kita sudah mencapai 85 persen sampai 90 persen, termasuk penataan panggung ini sudah siap, tinggal finising saja,” bebernya saat ditemui beritainspirasi.info .

Lebih jauh Hattamudin menceritakan rangkaian kegiatan jelang peringatan HUT RI ke 72. “Pengukuhan calon paskibraka menjadi Pasukan Paskibraka baru akan dilakukan pada tanggal 15 agustus di auditorium Walikota,” ujar Kasubag Tata Pemerintahan Kota Bontang ini.

Sedangkan penetapan komandan upacara dan pembentukan petugas Paskibraka pengibar bendera pagi dan sore, baru akan dilakukan pada tanggal 17 agustus pagi.

“Setelah itu, baru kemudian pasukan menuju kesini (lang-lang) untuk menjalankan upacara detik-detik proklamasi,” kata Hattamudin.

Nantinya sebelum memasuki detik-detik proklamasi, akan dimulai dengan drama kolosal yang disiapkan oleh bapak-bapak TNI dari Kodim yang berisi tentang perjuangan kemerdekaan serta meraih bendera merah putih. Dengan durasi kurang lebih 30 menit. Setelah itu baru upacara dimulai, Komandannya dari rudal, Perwiranya upacara dari Kodim.

“Untuk Paskibrakanya pasukan 17 dan 8 adalah siswa siswi pilihan dari beberapa sekolah, sementara untuk pasukan 45 dari TNI Polri,” terangnya.

Setelah itu siangnya baru akan diadakan acara syukuran di Auditorium Walikota dengan sekitar 700 undangan.

Sementara untuk sore harinya, sebelum upacara penurunan bendera dilakukan. ada penampilan Marching Band Pupuk Kaltim dan setelah itu ada Aubade dari SMA Galilea yang akan menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Aubade adalah istilah umum yang merujuk kepada nyanyian atau alunan musik untuk memberikan penghormatan pada pagi hari.

Di Indonesia, aubade kerap kali ditambahkan sebagai bagian dari upacara perayaan hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, yang ditampilkan setelah upacara pengibaran bendera selesai. (And)

Facebook Comments