Seks Bebas Akibatkan Perempuan Rentan Terserang Kangker Serviks

BONTANG – Kangker mulut rahim atau serviks sudah menjadi penyakit yang begitu menakutkan bagi kaum hawa belakangan ini, betapa tidak penyakit yang menyerang pada perempuan ini ternyata berdasarkan data statistik di Indonesia sudah berada pada posisi pertama sebagai penyakit yang paling ganas dan mematikan.

Pola hidup tidak sehat serta seks bebas, ditenggarai menjadi penyebab utama tumbuhnya kanker yang satu ini. Keberadaan kuman Human Pappiloma Virus (HPV). Yang menyebabkan peradangan. Akibat trauma gesekan tumpul kemudian kanker itu hidup.

Walikota Bontang Neni Meorniaeini yang juga seorang dokter spesialis kandungan memaparkan  kanker serviks hanya akan terjadi pada perempuan yang sudah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis. Terlebih pada pasangan seks bebas yang sering bergonta-ganti pasangan.

“Hindari seks bebas, jangan jorok dalam artian berganti-ganti pasangan,” kata Neni pada seminar kesehatan selamatkan anak muda dari kangker serviks, garapan Keluarga Pelajar dan Siswa Bontang. Minggu (6/8/17).

Selain menghimbau jauhi seks bebas,  Neni juga mengingatkan anak muda terutama kaum perempuan Kota Bontang untuk menjaga diri dengan pola hidup sehat serta lebih memperhatikan kesehatan organ kewanitaannya.

Menurutnya kangker ini sulit dideteksi namun bisa dicegah, jika mengalami gatal pada kemaluan, keputihan hingga berubah warna serta timbul aroma tak sedap. Segera periksakan ke dokter.

“Kalau lagi menstruasi, itu pembalut jangan tunggu sampai kering baru diganti. Akhirnya jamur tumbuh di rambut kemaluan. Serta disunahkan, untuk rutin mencukur rambut kemaluan. Rutinkan periksakan kandungan sama dokter, jangan sama dukun,” terangnya. (and)

IMG-20170806-WA0012
Walikota Bontang, saat memberikan pemaparan tentang kanker serviks pada seminar kesehatan selamatkan anak muda dari kangker serviks (06/08/17)
Facebook Comments