Peduli Lingkungan, Gerakan Bersih Laut Ala Faisal Gugah Masyarakat Sekitar

BONTANG – Aksi mungut sampah yang rutin dilakukan Faisal bersama Remaja Masjid Peduli Lingkungan bentukannya itu mulai mendapat perhatian warga sekitar pesisir Kelurahan Loktuan, Bontang Utara.

Bertujuan guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup yang bersih, lewat gerakan aksi bersih laut mulai mendapat respons positif dari masyarakat luas. 

Dari pantauan, minggu 16 juli 2017 masyarakat sekitar mulai ikut serta memungut sampah dilingkungan kawasan permukiman kampung di atas air (Selambai) tersebut. Bahkan tampak beberapa ormas kepemudaan pun mulai turun terlibat melibatkan diri.

“Sudah sekian lama laut dikotori sampah rumah tangga, sebab mudah dan tidak ada yang melihat tinggal ceburkan kelaut. Kebiasaan ini mesti berubah,” ungkap Faisal yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Bontang ini kepada beritainspirasi.info, minggu (8/7) pagi.

Selain sampah kiriman dari darat, belum tersedianya bak penampungan sampah yang memadai dikampung atas air, menurutnya turut memberi andil besar alasan bagi warga membuang sampah tanpa memikirkan efek jangka panjang terhadap keberlangsungan hidup ekosistem laut. 

Lebih lanjut Faisal mengungkapkan, yang di butuhkan inisiatif dan tindakan nyata. Sebab itu menurutnya upaya melibatkan warga sekaligus memberikan penyadaran agar tak lagi membuang sampah ke laut lewat aksi bersih laut dirasa menjadi penting.

“Alhamdulillah, respon masyarakat begitu baik.beberapa orang tua ikut terlibat, saya pikir ini baik untuk kesadaran bersama. Bahkan ormas pemudapun mulai melibatkan diri, kita mulai dari yang mudah dulu bila dirasa perlu kedepan didarat pun akan kita lakukan hal serupa,” tuturnya.

Baginya hall yang paling membanggakan lewat aksi bersih rutin yang ia mulai adalah keterlibatan pemuda sekitar begitu besar.

“Remaja Masjid yang paling tampak bersemangat, sebab itu segera saya wadahi mereka dalam Remaja Masjid Peduli Lingkungan agar mereka lebih bersemangat dan gerakan minggu bersih ini menjadi agenda rutin. Semoga bersama remaja, semakin meningkat kesadaran masyarakat tentang arti penting kebersihan lingkungan,” harapnya. (and)

Facebook Comments