Kerja Keras Masjaya, Membawa Perbaikan Akreditas

Samarinda – Univesitas mulawarman merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang tertua di Kalimantan Timur. Universitas ini bak primadona bagi putra-putri terbaik di Kaltim, terbukti dengan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di Univesitas ini tiap tahunnya mencapai ribuan orang. 

Pada tahun sebelumnya Universitas Mulawarman ini mengantongi akreditas B, di pertengahan tahun 2017 peningkatan akreditas pun melesat menjadi A. Berdasarkan SK BAN-PT Nomor : 1466/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017. Pencapaian akreditasi ini sekaligus membawa Unmul, menjadi perguruan tinggi negeri pertama di Kalimantan dan Kedua di Indonesia bagian timur yang mendapat akreditas A.

Kenaikkan akreditasi ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh civitas Akademik Universitas Mulawarman dibawah kepemimpinan Masjaya sebagai Rektor Universitas Mulawarman.

Saat di temui Beritainspirasi.info (11/7/17) Rektor ini menyatakan “Visi misi ketika saya ingin menjadi Rektor yaitu menjadikan Universitas mulawarman menjadi Universitas unggulan dengan pengelolaan yang profesional. Dan salah satu indikator unggulan itu adalah akreditasi, dan untuk meningkatkan akreditasi ini ada 48 program kerja yang saya tawarkan untuk mewujudkan akreditasi itu. “Ujar Masjaya 

Ada beberapa program kerja yang dilakukan semasa jabatan Rektor Universitas Mulawarman kurun waktu dua tahun ini. Untuk mewujudkan kenaikkan akreditasi tahapan yang dilakukan adalah peningkatan pelayanan akademik di masing-masing fakultas dan program study, mengejar rasio antara infrastruktur, dosen, dan mahasiswa. 

Tiap tahun bahkan dilakukan pemangkasan jumlah calon mahasiswa baru yang diterima di Universitas Mulawarman, yang sebelumnya kuota berjumlah 6.000-9.000 orang kini menjadi 5.311 orang saja. 

Universitas juga memberikan motivasi finansial masing-masing program study dengan diberikan Rp.25.000.000,00 untuk pengelolaan dan penggarapan akreditasi ini. 

“Dengan kenaikkan akreditasi Unversitas Mulawarman sekarang ini bagaimana cara agar seluruh Civitas Akademik untuk bisa mempertahankan akreditasi Universitas, karena setiap 4 tahun sekali akreditasi akan dievaluasi maka tinggal bagaimana kita agar tetap mendorong perilaku yang menunjukan akreditasi sebagai Universitas yang terakreditasi A. “Pungkasnya saat diwawancarai. (Lia)

Facebook Comments