Rastra Mulai di Distribusikan, Keluarga Miskin Hanya Dijatah Segini

BONTANG – Penantian keluarga miskin penerima manfaat (KPM) akan pendistribusian beras sejahtera (rastra) akhirnya terlaksana, mulai hari ini selasa (20/6) sejumlah kelurahan di Kota Taman melakukan pendistribusian rastra kepada KPM yang telah terdaftar. Rastra dulunya dikenal beras miskin (raskin).
Seperti yang terpantau media ini, Kantor Kelurahan Tanjung Laut Bontang Selatan hari ini (20/6) sudah mulai melakukan pendistribusian rastra tersebut.

“Alhamdulillah mas, dekat lebaran gini ada raskin (rastra). Padahal sempat lama ngak ada kabarnya,” ucap Ibu Ely (63) salah satu KPM yang ditemui disela-sela antrian pengambilan rastra.

Sarifuddin Lurah Tanjung Laut menjelaskan, pendistribusian rastra kali ini adalah penyaluran rastra januari, pebruari dan maret yang tertunda. Sementara untuk rastra bulan april, mei dan juni rencananya akan di distribusiakan usai Lebaran.

“Terjadi penurunan 60 KPM, dari yang semula (2016) 618 menjadi 558 saja. Banyak juga yang mempertanyakan kenapa mereka tidak dapat lagi, namun kami hanya bisa melayani KPM yang sudah terdata dari BPS yang merujuk dari data Basis Data Terpadu yang dirilis oleh TNP2K (tim nasional percepatan penanggulangan kemiskinan),” ujar Sarifuddin saat ditemui di Kantornya.

Peroses pendataan Keluarga Penerima Manfaat memang bukan dilakukan oleh pihak kelurahan namun di lakukan oleh pihak BPS dengan team survey lapangannya.

Lebih lanjut Sarifuddin mengungkapkan, dalam penyaluran rastra setiap KPM menerima 15 Kg untuk satu bulannya. Jadi setiap KPM akan membawa pulang 45 Kg sebab untuk 3 bulan. “Tidak geratis, KPM membeli rastra dengan harga Rp 25.000 perkarung kemasan 15Kg,” bebernya.

Beras rastra sendiri dipasok oleh Bulog, tentu sebelumnya Bulog sudah memastikan kualitas beras yang akan disalurkan. “Sudah di sortir dulu sama Bulog, itu untuk memisahkan beras yang tidak layak konsumsi atau rusak. Kalau seandainya dalam penyalurannya ditemukan ada beras yang sudah rusak dan tidak layak, silakan melapor dan nanti diganti oleh Bulog,” ujarnya.

Pendistribusian rastra sendiri di Kota Bontang, dikebut untuk dapat diselesaikan pendistribusiannya selama 3 hari. Mengingat jum’at (23/6) telah masuk masa cuti pemerintahan. (and)​

Facebook Comments