Sesuai Isi Mou, PT. Pelindo Siap Tanggung Biaya Perbaikan Pelabuhan Loktuan

BONTANG – Tiga lubang di akses jalan dalam Dermaga Pelabuhan Loktuan yang beberapa hari belakangan menjadi topik hangat di Masyarakat Kota Taman tersebut dipastikan akan segera diperbaiki.
Kepastian tersebut disampaikan managemen PT. Pelindo IV saat ditemui di Kantornya, rabu (14/6). Perbaikan tersebut nantinya menjadi sepenuhnya tanggung jawab PT Pelindo IV. 

Sebelumnya, kepastian penanggung jawab atas lubang yang hanya ditutup dengan plat besi tersebut turut menjadi perhatian masyarakat luas, pasalnya semakin dekatnya angkutan arus lebaran 1438 Hijriah. Dikhawatirkan dapat menggangu mobilitas di Pelabuhan Umum kebanggan Warga Bontang dan sekitarnya tersebut.

“Ya, sesuai Pasal 3 ayat 2 dalam MoU tersebut mengatakan jika ada kasus masuk dalam biaya pemeliharaan pelabuhan, maka dibebankan kepada PT Pelindo. Namun, jika untuk investasi maka perlu ada perubahan MOU,” ungkap Asis Asisten Manager Terminal Pelabuhan PT.Pelindo.

Asis mengatakan, faktor alam. Lubang sudah cukup lama ada dan semakin membesar seiring terkikis oleh air laut. “Masalah konstruksi jalan kami tidak tahu, sebab Pelindo masuk tahun 2014 dan semua sudah jadi. Dermaga Pelabuhan tidak ada masalah hanya akses jalan menuju dermaga saja yang butuh perbaikan,” ujarnya.

Terkait jalan yang rusak pihaknya memastikan akan segera diperbaiki dalam waktu dekat. Terlebih DPRD telah beberapa kali melakukan sidak di Pelabuhan, serta pihaknya juga telah mendapat surat dari Walikota terkait perbaikan akses ke dermaga pelabuhan.

“Satu bulan lah untuk memperbaiki semua kerusakan, tapi yang akan menjadi prioritas kami adalah jalan akses yang dari pagar hingga ke dermaga untuk mendapat perhatian terlebih dahulu. Agar tidak mengganggu arus mudik terutama saat H-7 lebaran,” ungkapnya.

Kerjasama pemanfaatan Pelabuhan antara Pemkot dan Pelindo sendiri, dilakukan dengan model bagi hasil keuntungan. Sementara total keseluruhan seluruh aset pelabuhan sebesar Rp 129 miliar pada 2016, sebanyak Rp 388 juta per tahunnya harus disetor Pelindo kepada Pemkot Bontang. (and)​​

Facebook Comments