Festival Green untuk Wujudkan Smart Green

BeritaInspirasi.Info – Samarinda (20/05/2017). Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur bersama Pemerintahan Kota Samarinda melakukan festival green di taman samarendah Jl.Basuki Rahmat yang dimulai pada pukul 10.00 Wita. Rangkaian Festival ini adalah melakukan penanaman pohon sebanyak 100 di dua titik fokus yaitu Taman Samarendah dan sekitar SMP dan SMK jalan Kadrioning. Festival ini bertujuan salahsatunya untuk mendorong keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan smart green. 

Sambutan Walikota Samarinda yang diwakili oleh Staff ahli pembangunan dan ekonomi Kota samarinda mengatakan “Dalam UU no.26 tahun 2007 tentang setiap kota menyediakan ruang terbuka hijau sebanyak 30% ,dimana 20% untuk ruang terbuka hijau public dan 10% untuk ruang privat maka festival green ini adalah salahsatu upaya untuk bisa melakukan perwujdukan UU tersebut dan green city ini adalah muara SmartCity.”“Samarinda adalah kota urutan ke-3 dari 10 Kabupaten di Kalimantan Timur yang masuk dalam kategori kota hijau, Samarinda juga ditunjuk untuk melaksanakan p2kh (program pengembangan kota hijau) saat ini sudah ada 759 pohon yang ditanam tersebar di seluruh kota samarinda dan targetan kami tahun ini hingga 1.000 pohon. Kami berharap juga semakin banyak bantuan dari CSR dan semua pihak agar bisa menanam dan bisa terus mengajak keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan Green City ini.”Ujar Dadang Erlangga Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Samarinda saat di wawancarai. 
“Green City ini adalah salah satu bagian dari SmartCity, karena salah satu syarat untuk menuju SmartCity adalah membuat nyaman penduduk dan juga tatanan kota yang bersih maka ini sangat diharapkan partisipasi seluruh masyarakat.”Pungkasnya lagi Dadang Erlangga saat diwawancarai. (Lia)

Facebook Comments