KPU bersama KNPI Kaltim amankan Demokrasi

Beritainspirasi.info – Samarinda. Menuju Pemilihan Kepala daerah serentak 2018, KPU Kaltim mendorong elemen pemuda untuk meningkatkan partisipasi tingkat pemilih pemula yang ada di Kalimantan Timur.

Dengan mengajak KNPI Kaltim melalui audensi bersama 17/05/2017 KPU Provinsi berharap dapat memaksimalkan peran pemuda untuk meningkatkan kepedulian pemuda terhadap proses demokrasi yang berjalan di Kalimantan timur.

Melalui 129 OKP yang ternauingi dalam KNPI Kaltim, KPU Provinsi mengajak untuk memaksimalkan seluruh tenaga organisasi mahasiswa, pemuda, serta perempuan untuk turut handil dalam menjaga dan menguatkan jalannya proses demokrasi. Hal ini dalam kepentingan kedepan Kaltim sanggup melahirkan pemimpin-pemimpin yang mampu memaksimalkan perannya dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dalam pandangan salah satu anggota komisioner KPU Kaltim Farida menegaskan “KNPI juga harus mengambil peran dalam proses pelaksanaan pilkada, baik mengamati dan mengevaluasi pelaksanaan pilkada, saya berharap KNPI tidak ikut dalam permainan politik yang tidak kita inginkan sesuai koridornya” ujar farida perempuan satu-satunya anggota  Komisioner KPU.

Sejauh ini KPU terus selalu berupaya untuk meningkatkan partisipasi politik, salah satu nya KPU Provinsi mendirikan rumah pintar pemilu, yang di beri nama ”Lamin Pintar Pemilu”. Program ini sebagai sarana tempat belajar tentang pemilu dan pendidikan politik pada pemilih. Di dalam Lamin Pintar Pemilu ini terdapat salah satu nya ruang simulasi TPS dan ruang audio visual yang digunakan untuk pemutaran film tentang sejarah pemilu. Program rumah pintar pemilu ini adalah program KPU Pusat yang diturunkan ke KPU daerah.

Namun berjalannya program ini penuh dengan keterbatasan, seperti yang di sampaikan oleh Samsul “untuk program rumah pintar pemilu ini KPU Pusat memberikan kami anggaran sebesar 75 juta rupiah, dengan kebutuhan perlengkapan simulasi serta lainnya jelas program ini sangat minim anggaran, namun kami di tuntut untuk berinovasi dari anggaran yang ada” ujar Samsul kepala divisi partisipasi masyarakat dan sumber daya manusia.

KNPI Kaltim di minta untuk mensosialisasikan program tersebut dan memanfaatkan rumah pintar pemilu ini dengan menggandeng banyak stake holder. KNPI di harapakan berperan aktif untuk melakukan pendidikan kader dan menjadikan program rumah pintar pemilu sebagai salah satu agenda di KNPI. (Kub)

Facebook Comments