OTT Saber Pungli Bekuk Aparat Desa Sangatta Utara

Beritainspirasi.infoSangatta, Tim sapu bersih pungli kepolisian polres kutim kembali menangkap tangan 2 aparat kantor Desa Sangatta Utara, kabupaten Kutai Timur dengan Modus pungli, menaikkan harga kepengurusan pelayanan publik di kantor desa. Dari hasil OTT tersebut, unit saber pungli, berhasil menyita total barang bukti sebesar Rp. 26 juta.

Dengan Rincian, dari bendahara desa senilai Rp 21,9 juta, seksi pemerintahan senilai Rp 2,55 juta, dan dari seksi kesejahteraan rakyat Rp 1,4 juta dan juga dari petinggi desa senilai Rp 350 ribu.

Kasat Reskrim Polres Kutim, AKP Andika Dharma Sena, Menuturkan Selain uang puluhan juta diamankan polisi juga telah mengamankan barang bukti berupa Surat Keterangan Penyerahan Tanah Perbatasan dengan Nomor 1374-016 dan 1375-016, buku Registrasi Segel tahun 2017, Buku Kas Desa Sangatta Utara tahun 2017, Buku Blanko Segel, dan Peraturan Desa No. 2 Tahun 2017 tentang Pungutan Desa.

Selain itu, dari seluruh dokumen tersebut nantinya akan dipelajari lebih lanjut, terutama mempelajari hasil dugaan pungli yang kegunaannya di peruntukkan untuk apa. Sehingga dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan gelar perkara untuk menentukan tersangka dan apakah ada tersangka baru.

Dari hasil pemeriksaan sementara, diketahui dugaan pungli yang terjadi di Desa Sangatta Utara, di ketahui sudah terjadi cukup lama, yang di duga sudah menjadi kebiasaan.

Lebih lanjut, andika dharma sena menjelaskan operasi tangkap tangan atau OTT tim saber pungli di kantor Desa Sangatta Utara, merupakan tindaklanjut dari laporan masyarakat desa, yang masuk ke tim saber pungli. (kub)

Facebook Comments