Siapkan 7 Konsultan, Pastikan UMKM kaltim Maju

BeritaInspirasi.info samarinda 5/5/2017. Pusat Layanan Terpadu UMKM di kaltim tak hanya menyedia sarana dan fasilitas internet serta aplikasi untuk mempromosikan dagangan. Ada 7 konsultan yanng di sediakan untuk meningkatkan kemajuan usaha para pedagang.

CIS (Center For Integrated Services of Smesco) atau Pusat Layanan Terpada UMKM menyediakan layanan konsultasi kepada penggiat UMKM di kaltim. Hal ini dilakukan guna menunjang kebutuhan analisis usaha yang akan di lakukan oleh para penggiat UMKM.

7 konsultan itu di antara nya, konsultan kelembagaan, konsultan pengembangan SDM, konsultan produksi, konsultan pemasaran, konsultan kerjasama, konsultan IT, dan konsultan pembiayaan, ketujuh konsultan yang saling berkesinambungan dan saling bekerja sama ini berfungsi untuk meningkatkan kelas UKM. Baik dari segi kemasan, pemikiran, dan berdaya saing secara nasional.

“Salah satu program yang disediakan oleh konsultan adalah pelatihan-pelatihan. Seperti meningkatkan UMKM, dari sisi kelembagaan di latih dan dikenalkan legalitas produksi, lalu dari sisi SDM di latih untuk meningkatkan cara berpikir, menaikan level usaha dari Sumber Daya manusianya. Sedangkan konsultan produksi khusus bagaimana untuk meningkatkan standar produksi produk yang ingin dipasarkan. Dari sisi kerja sama dilatih untuk mengelola metode kerjasama dengan lembaga-lembaga guna meluaskan pemasaran produk, dan untuk konsultan IT sendiri mengurusi peningkatan penggunaan IT untuk pemasaran menjadi konsentrasi binaan. Semua ini terbuka untuk semua penggiat UKM yang ada dikaltim” ujar Sarkawadi Konsultan bidang kelembagaan.

Tidak ada syarat untuk UKM yang ingin melakukan konsultasi di pusat pelayanan terpadu ini, namun ada beberapa konsultasi yang menggunakan biaya seperti bahan baku untuk membuat produk dan membaharui kemasan. Tapi ada juga yang gratis, semisal konsultasi persoalan umun.

“Siapapun yang ingin meningkatkan UMKM akan diterima secara terbuka oleh PLUT. Baik dalam hal pemasaran, produksi, mempermudah akses dan apapun sesuai kebutuhan UKM nya,”Pungkas sarkawi saat diwawancarai. (lia?Kub)

Facebook Comments