Kampung Digital Hadir Perkuat UKM di Kaltim

BeritaInspirasi.InfoSamarinda, 04/05/2017. Pemprov Kalimantan Timur mulai serius bekerja sama dengan Telkom Indonesia, giat meningkatkankemajuan UKM dan koperasi indonesia di tanah borneo, Pemprov mendirikan kampung UKM Digital PLUT-KUMKM mandiri .

Hari ini Pusat layanan usaha tersebut launching program kampung ukmdigital di Disperindagkop dan UKM Kaltim Jl.Panjaitan No.3 Samarinda. Acara peresmian yang di mulai pada pukul 10.00 wita tersebut padat dihadiri kurang lebih 400 orang.

Pusat layanan usaha terpadu ini adalah program koperasi usaha kecil menengah yang berangkat dari program kementerian Koperasi dan ukm Repulik Indonesia, di mulai sejak tahun 2013,Hal ini sebagai upaya terhadap kebutuhan program pendampingan KUMKM di daerah, dengan menggunakan sarana dan prasarana (aset gedung) yang tersedia milik pemerintah provinsi/kabupaten dan kota. Sampai saat ini ada di 51 lokasi, tersebar di 24 provinsi dan 27 kabupaten/kota seluruh indonesia.

Sekarang sudah ada 88 PEMDA yang mengusulkan. Pusat layanan usaha terpadu ini juga menyediakan 7 konsultan untuk meningkatkan UKM. Salah satunya seperti konsultan pemasaran, produksi, dan pembiayaan.

“Kampung digital UKM ini adalah program pemberdayaannya UKM, program ini di iniasi oleh PT Telkom. Dengan cara menyediakan akses internet,membuat aplikasi untuk mempromosikan dagangan UKM, dan mendorong UKM untuk memperluas pasarannya, hal ini yang menjadi alasan kenapa disputi bekerja sama dengan telkom, dalam upaya meningkatkan UKM yang ada disamarinda baik usaha mikro maupun makro, agar sanggup menghadapi persaingan pasar bebas yang semakin ketat. Ujar andrian.

Diperlukannya peningkatan pemasaran melalui teknologi yang ada dengan jargon maju bersama, berprestasi, dan berdaya saing”pungkas Adrian sani harahap dari PT Telkom. (lia/Kub)

Facebook Comments